materi kelas 8 : Mengenal Ms. Word

Mengenal Ms. Word


I.                   Mengenal Microsoft Word
Apa sih Microsoft Word?
Microsoft Word adalah software pengolah kata, tujuannya untuk membuat laporan, membuat surat, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.  II.

A.     Membuka Microsoft Word
Bagaimana kah cara membuka Microsoft Word?, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain:
1. Pada jendela Microsoft Windows
2.Klik TombolStart Pilih All Programs
3.Kemudian pilih dan klik Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
Cara lain yang bisa dipakai:
-Double Klik icon Microsoft Word pada desktop (jika short cut ke microsoft word sudah   dibuat)







Sebelum membuat dokumen dengan Microsoft Word, ada baiknya kita kenal dulu beberapa  istilah yang sering dipakai. Diantaranya yaitu Screen Layout (tampilan layar),Menu, dan Toolbar.

1.      Screen Layout  Screen Layoutatau tampilan layar, yaitu tampilan yang ditunjukkan komputer saat  menjalankan program. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, tampilannya seperti gambar di atas.  Lihat bagian Baris Judul, terdapat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, Microsoft Word akan menampilkan file kita dengan nama Document1, 2, 3 dan seterusnya.
2.      Menu KataMenu yang digunakan dalam Microsoft Word artinya hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari, contohnya daftar menu di restoran. Di dalam menu ini ada beberapa perintah yang dapat dipilih, cara memilihnya adalah dengan menggeser mouse pada daftar menu, untuk menjalankan perintah pada menu tertentu cukup dengan mengklik perintah pada menu tersebut. 







4.      Toolbar Toolbaritu apa sih? Toolbar itu adalah adalah beberapa gambar kecil (icon) yang dipakai untuk menjalankan sebuah perintah yang ada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan meng-lik gambar kecil pada baris toolbar tersebut.

B.     Membuat Dokumen baru.
Jika kita baru memulai menjalankan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada beberapa cara untuk membuat dokumen baru :
1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile New, klik
2.Pada tampilan baru di sebelah kanan klik Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3.Jendela dokumen kosong siap digunakan untuk pengetikan.
Cara lain yang bisa digunakan, yaitu :
Klik icon New Document yang ada pada baris toolbar.          

C.     Menyimpan Dokumen
Kalau bisa setelah kita memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan, Tujuannya untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen karena komputer padam, mati lampu, komputer hang, dll. Caranya:
1.      Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile Save, Klik
2.      Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save, pilih folder tempat menyimpan file
3.      selanjutnya tulis nama file dokumen dan klik save
4.      Diusahakan agar melakukan penyimpanan file sesering mungkin.







D.     Membuka File yang sudah tesimpan
1.      Pilih menuFile Open, klik. Maka akan tampil jendela Open.
2.      Pilih lokasi dan nama file pada komputer yang akan dibuka
3.      Klik tombolOpen, maka file yang tadi dibuka akan tampil pada jendela Microsoft word.







E.     Menutup file Dokumen
Kalau kita sudah selesai mengetik atau mau beristirahat, simpan dahulu file dokumen yang  sedang kita ketik, lalu kita tutup file. Caranya adalah :
1.pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, Close , klik
2.Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang barusan kita ketik.

Cara lain :
Klik icon close pada baris toolbar  X







F.      Menutup Jendela Microsoft Word
Sebelum menutup dokumen, pastikan bahwa dokumen yang telah diketik sudah tersimpan  dengan benar. Cara menutup (close) document :
1.      Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile Exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.      Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol   X yang ada di pojok kanan di atas jendela Microsoft.

II.                   Mengetik Dokumen
Pada saat membuka program Microsoft Word, secara otomatis dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan. Setiap mengetikkan teks, teks yang diketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Kita bisa memindahkan kusor dengankeyboard atau mouse.

Jika teks yang yang sedang diketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut secara otomatis akan turun ke bagian bawah baris pegetikan dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEnter untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya. TapiEnter diperlukan jika kita mau mengetik di baris baru sebelum sampai ke batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru. Arti paragraf dalam Microsoft adalah sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu kita menekan tombol Enter.Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen kita. Dalam keadaan aslinya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, tampilan halaman pengetikan di bawah ini:







III.              Mengedit Teks/membetulkan teks
Jika salah mengetik teks, kita bisa membetulkannyanya dengan berbagai cara berikut :

1.      Tekan tombolBacksS pace pada keyboard untuk menghapus karakter di kiri kursor.
2.      Tekan tombolDelete pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan kursor.
3.      Untuk menghapus teks yang baru saja Kita ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing atau klik tombol Undo pada toolbar.
4.      Untuk melakukan pengulangan  teks yang baru saja Kita ketik, pilih dan klik menu Edit, repeat Typing  atau klik tombol redo pada toolbar.




A.     Meng-Copy/Menyalin Teks
Perintah copy dapat digunakan untuk menyalin teks, gambar, Paragraf, dll. Untuk menyalin teks yang akan kita pilih ke lokasi lain, ikuti langkah ini :
1.      Sorot teks yang akan di salin.
2.      Kemudian pilih menu edit è copy klik
3.      Tempatkan kursor di lokasi baru.
4.      Kemudian pilih menu edit è paste klik

B.     Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah kita pilih, ikuti langkah ini :
1.      Sorot teks yang akan dihapus.
2.      Terus pilih menuEdit è Clear è contents, klik. Atau tekan tombol delete pada keyboard.

C.     Meng-Cut/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang kita pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah ini:
1.      Sorot teks yang akan dipindahkan
2.      Terus pilih menuEdit è Cut, klik
3.      Tempatkan kursor pd lokasi baru.
4.      Lalu pilih dan klik menu edit è paste klik.

D.     Format teks
Kita bisa mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara ini:
ð  Pilih atau sorot file yang akan di format. Lalu atur formatnya sesuai yang kita inginkan







ð   Mengubah Ukuran Huruf (Font Size) Semua teks yang kita ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan asli font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya diketik, ikuti caranya :
1.      Pilih atau sorot teks yang mau diubah ukurannya.
2.      Pilih dan klik ukuran yang diinginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang
terdapat pada baris toolbar formatting.

ð  Memilih Gaya Tampilan Huruf (Font Style)
Untuk mengubah gaya tampilan huruf (font style) dari teks yang sebelumnya sesudah kita ketik ikuti caranya:
1.       Sorot teks yang akan diubah gaya tampilannya.
2.       2.Untuk membuat “huruf tebal”, klik tombol iconBold yang terdapat pada baris toolbar formatting  B.
3.       Untuk membuat “huruf miring”, pilih dan klik iconItalic yang terdapat pada baris toolbar formatting I.
4.       Untuk membuat “garis bawah teks”, pilih dan klik iconUnderline yang terdapat pada baris toolbar formatting U

ð   Menentukan Warna Huruf (Font Color) Bila ingin huruf yang telah kita ketik dapat ditampilkan dengan warna tertentu sehingga tampilan huruf tersebut terlihat lebih menarik. Untuk mengubah warna huruf (font color) dari teks yang sebelumnya telah kita ketik, ikuti langkah berikut ini :
1.      Pilih atau sorot teks yang akan diubah warnanya.
2.      Pilih dan klik warna yang kita inginkan pada icon fuul colour pada baris toolbar.

IV.                   Mengatur Format Paragraph
Paragraph itu apa sih?
Di Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombol enter, Paragraf bisa berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua
paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Kita bisa mengatur
format paragraf dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
1.      Pilih paragraf yang akan kita format, lalu atur formatnya sesuai dengan keinginan kita.
2.      Tempatkan kursor pada posisi awal pengetikan paragraf atau formatnya, kemudian ketik paragraf yang kita inginkan. Dengan cara ini, semua paragraf yang kita ketik mulai dari posisi kursor akan mengikuti format yang kita pilih sampai kita melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain pada dokumen.

A.     Mengatur Perataan teks dalam Paragraf
Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify). Untuk mengatur perataan teks dari paragraf, ikuti langkah ini :
1.      Pilih dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan kita format.
2.      Pilih dan klik menuFormat Paragraph . Kotak dialog paragraph akan ditampilkan.
3.      Pada kotak dialog Paragraph tab Indent and Spacing lihat bagianGeneral, lalu pilih
daftar pilihanAlignment , pilih perataan teks yang kita inginkan.
ð  Leftuntuk perataan kiri
ð  Centereduntuk penempatan di tengah
ð  Rightuntuk perataan kanan.
ð  Justifieduntuk perataan penuh di kiri dan kanan






 

ð  Contoh format paragraf yang kita pilih, dapat dilihat pada kotak preview.
ð  Klik ok.

B.     Mengatur Indentasi
Kita dapat mengatur indentasi paragraf terhadap margin kiri, margin kanan atau keduanya. kita juga dapat membuat indentasi hanya pada baris pertama dari paragraf atau membuat indentasi gantung. Untuk mengatur indentasi paragraf, ikuti langkah berikut ini:
1.      Pilih dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan kita format.
2.      Pilih dan klik menuFormat Paragraph . Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
3.      Pada kotak dialog tab Indents and Spacing, pilih bagianIndentation , lalu atur indentasi yang kita inginkan.

ð  Left,untuk menentukan jarak indentasi dari margin kiri.
ð  Right,untuk menentukan jarak indentasi dari margin kanan.
ð  Special,untuk menentukan indentasi khusus dengan jarak sesuai dengan yang Kita i si pada kotakBy. Terdapat beberapa pilihan, antara lain:

ð  (none),jika tidak ada indentasi khusus
ð  First line,jika indentasi kiri hanya untuk baris pertama saja
ð  Hanging,jika ingin membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris lain selain baris pertama.
4.      Contoh format paragraf yang kita pilih, dapat kita lihat pada bagian kotakPreview.
5.       klik ok untuk melanjutkan.

C.     Mengatur Jarak Spasi Baris
Apabila diperlukan, Kita dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris, ikuti langkah ini :
1.      Pilih atau tempatkan kursor pada paragraf yang akan Kita format.
2.      Pilih dan klik menuFormat Paragraph . Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
3.      Pada kotak tab Indents and Spacing, tentukan jarak spasi baris ada bagianSpacing
4.      Before,jarak spasi sebelum paragraph
5.      After,jarak spasi sesudah paragraph
6.      Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi dengan jarak spasi baris yang diinginkan
7.      Singleuntuk jarak spasi satu.
8.      1.5 lines,untuk jarak spasi satu setengah
9.      Double,untuk jarak spasi dua
10.  At least,untuk menentukan jarak spasi minimal.
11.  Exactly,untuk menentukan jarak spasi yang pasti
12.  Multiple,untuk menggandakan jarak spasi Single menjadi Dua, 1.5 lines menjadi Tiga dan Double menjadi Empat.


V.                   Mengakhiri Microsoft Word
Setelah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan (print out) dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri Microsoft Word setelah terlebih dahulu memastikan bahwa dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah kita ketik terlebih dahulu, baru kemudian keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word ada beberapa cara, antara lain:
1.      Cara pertama : Pilih menuFile Exit, klik
2.      Cara kedua : Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft word X


0 komentar:

Posting Komentar